Rabu, 11 April 2012

Study Tour XXIX

Morning Sunshine!
Sudah lama tak bersua ya blogger. Banyak banget yang pengen gue share disini hehehehe. Sebenernya gue baru banget pulang abis Study Tour ke Jogja nih tapi gue sempet2in buat nulis berbagi cerita di blog gue tentang Study Tour kemaren. Satu-satu kali ya cerita nya. Okeee, cekidott!!

Chapter 1
Jakarta, 8 Januari 2012
Pagi ini sengaja banget bangun pagi soalnya udah gasabar buat dateng kesekolah dengan segambreng bawaan untuk persedian selama 5 hari di Jogja nanti. Entah mengapa tidur semalem rasanya gak nyenyak. Mungkin karena gue terlalu mendambakan moment Study Tour ini kali ya? Soalnya ini emang moment yang paling dintunggu-tunggu sama angkatan gue hahahaha. Kita jadi semangat bangun pagi dan pergi menuju sekolah untuk segera meninggalkan Halim dan pergi menuju Jogjakarta. Setelah semua beres, berangkatlah kita semua ke Jogja naik bis Blue Star yang kapasitasnya lumayan banyak. Gue berada di bis 4 sama temen-temen sekelas gue dicampur sama kelas XI IPA 4 (mantan kelas gue dulu wkwkwkw) Alhamdulillah banget kelas gue gak kepisah-pisah. Tapi walaupun kita dicampur-campur gitu, kita tetep bisa nyatu dan beradaptasi dengan mereka. Perjalanan  menuju Jogja kira-kira 12jam belum termasuk istirahat dll nya. Waktu berangkat gue duduk bareng pingkan. Banyak banget yang terjadi selama ada di perjalanan. Ohiya, bis 4 ini di mentorin sama kak Mei a.k.a kak Memey yang berwajah agak-agak Tionghoa dan lumayan cantik ehehehe :$ Karena perjalanan terlalu jauh, jadi udah sebagian dari penduduk di bis 4 mulai tidur dan mencari posisi seenak mungkin. Dan gue sibuk mencari posisi yang paling pas untuk bisa tertidur dengan pulas seperti temen-temen gue yang lainnya. Tapi kayaknya gue emang gak ditakdirin buat tidur kali ya, gue tidur udah dengan berbagai macam gaya tetep aja gue gabisa tidur se-PeWe widya yang duduk di samping gue bareng Yunda. Dia kayaknya nikmatin banget moment-moment dia tertidur. Yaa walaupun ngga nyenyak-nyenyak amat tidurnya, setidaknya gue udah istirahat sebentar. Bangun-bangun gue liat pingkan lagi makan bekel yang dibawain sama nyokap nya. Liatin pingkan makan rasanya nikmaaaat banget, sampe perut gue langsung ngamuk minta diisi. Untung masih sisa dikit tuh makanan, akhirnya gue isilah perut gue dengan makanan yang seadanya itu. Nggak lama setelah kita isi perut sedikit, akhirnya kita berenti di Pring Sewu untuk makan siang. Duhhh, baru kali ini makan siang bareng-bareng temen seangkatan. Daaaaaaaaaaannnnnn sama si doi tentunya! Hahahaha. Selesai makan, kita sholat. Pas bangetttt gue mau ngambil air wudhu, si doi baru aja selesai ngambil wudhu coy! Hahahaha rejeki emang gak kemana ya :--p rasanya tuhhh seger banget ngeliat mukanya dia basah kena basuhan air wudhu *Subhanallah* salut deh sama doi, sholatnya nggak pernah ketinggalan. Restonya sih luas, tapiiiiiiiii musholah nya kecil bingiiitt. Sampe harus make kloter-kloteran kalo mau sholat. Hufft yasudahlah ya itu urusan mereka yg punya resto. Abis sholat gue caw ke bis sama temen-temen. Daaaan sebelum bis melanjutkan perjalanan, gue pergi ke toilet sama si Anes. Selaluuu deh gue kalo ke toilet gajauh-jauh dari cewek satu ini wkwkwkw. Rejeki emang gak kemana, keluar dari toilet, gue ketemu lagi sama doi cooy wkwkwkw Alhamdulillah berkah emang nih perjalanan ke Jogja nya:-p kita nyampe nya lamaaaaa banget. Kira-kira jam 11-an kita baru nyampe desa Gabugan, Sleman, Jogjakarta tempat kita homestay sampe hari Jum’at pagi. Di Homestay, gue serumah sama Pingkan, Ayas, Laras, Hayuning, Octaria, Yuli, dan Zhafirah. Lumayan lah yaa anaknya bisa diajak hepi-hepi semuanya. Gue tinggal dirumah Pak Alip. Waktu kita sampe si bapak ini lagi asik nonton tivi sendirian. Akhirnya kita masuk nyalamin si bapak dan mulai berkemas supaya tidurnya enak. Kamar kosongnya ada dua, jadi satu kamar 4-4 isinya. Tapi tetep aja enakan sekamar rame-rame. Lebih kerasa anget dan seruuu muehehehe.

Chapter 2
Jogjakarta, 9 Januari 2012
Kita baru bisa tidur jam setengah satu semalem. Hhh, kurang banget rasanya. Soalnya jam 4 kita harus udah bangun lagi supaya nggak kesiangan mandinya. Niat banget yak kayaknya hahaha-_- mandinya sesuai urutan yang telah di sekapakati. Kebeneran banget pagi-pagi dingin di sleman eehh si bapak dateng membawa gorengan yang masih anget beserta the manis nya hmmmm sedaaaaaapp! Gue bertanya-tanya kok dari semalem si bapak terus yang nongol, eh ternyata istrinya si bapak lagi sakit penyumbatan pembuluh darah. Nyesek dengernya walaupun ngga kenal. Selesai mandi, kita semua langsung caw ke pendopo buat makan pagi. Seperti biasa, selama di jogja pandangan gue gak jauh-jauh dari si doi hahahaha enak sih ngeliat mukanya dia seger gimana gitu.  Selesai makan, kita langsung lanjut pengamatan tentang wayang kulit. Kelompok gue isinya orang-orang kocak semua macam pingkan, ayas, laras, teyong, inu, tohi, aurizal dan juga maul. Untung kegiatan kita Cuma ngederin sejarah wayang kulit doang. Tapi ternyata seru lohh mengupas habis sejarah dari wayang kulit itu sendiri. Karena dibalik wayang kulit, itu terselip banyak makna, seni, dan juga pelajaran hidup untuk kita. Disitu kita ngebahas banyak hal, mulai dari asal mulanya wayang sampe harapan dari bapak dalang untuk kelanjutan kesenian  wayang kulit di Indonesia ini sendiri. Semakin modern nya jamanm kayaknya ngebikin minat remaja berkurang untuk mempelajari seni wayang kulit. Remaja jaman sekarang cenderung menyukai hal-hal yang simple dan ngga ribet. Jadi seorang dalang itu bukanlah hal yang mudah guys! Kita harus bener-bener nguasain semuanya. Mulai dari cerita tokoh-tokohnya, duh banyak banget deh. Salut ya sama bapak dalang yang bisa menghafal lebiiiiih dari 250 tokoh karakter wayang kulit. Sewaktu penelitian gue sibuk nulis, mencatat hal-hal penting buat dijadiin laporan pengamatan nanti. Sedangkan si teyong menyibukan dirinya bermain-maiin dengan salah satu karakter wayang bersama ayas. Entah cerita apa yang lagi dia bawain waktu itu, gue juga ngga paham hahahaha. Selesai penelitian kita lanjut ke acara makan-makan. Tapi saat itu nafsu makan gue gak ada sama sekali. Rasanya pusing berat butuh kasur empuk untuk sekedar bersandar~  disaat ingin makan, ternyata posisi gue dengan si doi tidak terlalu jauh. Tapi tetep aja nafsu makan gue nggak bangkit seperti biasanya. Untung ada Yoga yang memiliki penyakit sama seperti gue, jadinya gue bisa minta obatnya dia untuk mengobati sakit ini………. Hari itu kegiatan kita padat sekali, habis main wayang, kita akan menonton pertunjukan sendratari Ramayana. Dan waktu yg tersisa sangatlah singkat. Banyak yang ngga mandi sore itu. Parahnyaaaa, temen gue malah ada yang ditinggal sama bisX_X. nyampe disana kita disuguhkan dengan pertunjukan yang…. WAAAW! Spektakuler, keren, dsbnya jadi satu disitu. Gerakannya lemah gemulai, cerita nya sangatlah romantisss. Awawaw~ sesampainya dirumah, kita udah harus packing karna besok pagi kita udah harus meninggalkan desa gabugan. Terutama homestay nomer 3 ini…………….. *backsound galaw*
Chapter 3
Jogjakarta, 10 Januari 2012
Hmmmm udara jogja ternyata sejukkkk dan menyegarkan jiwa raga. Andaiii gue punya rumah disini, pastilah pikiran gue bakalan tenang, damai, dsb. Pagi ini pagi terakhir kita dihomestay ini. Gue dan yang lain berinisiatif untuk patungan buat ngamplopin ke si bapak pemilik rumah dan listi juga tentunya. Nyaman banget sebenernya ada disana, tapi kita memang sudah harus berpisah sampai disini…. Setelah semuanya beres, kita pergi ke aula untuk sarapan pagi dan bergegas ke bus 4 untuk nge-tep tempat duduk paling pewe sejagad. Perjalanan selanjutnya menuju Universitas Gajah Mada. Universitas nomor wahid se Indonesia! Cadaaaaaaas. Pantaslah universitas ini nomer wahid senegeri, wong fasilitasnya keren, prestasinya oke punya. Mahasiswa sini menggunakan otaknya denga baik. Dan mereka punya jiwa social yang tinggi. Terbukti jebolan UGM nggak ngincer jabatan tertinggi di kantoran. Jebolan UGM justru dengan senang hati ditempatkan di desa-desa terpencil. Salutt deh sama jebolan UGM. Perjalanan cukup jauh dari gedung tempat pertemuan menuju bis. Karena hari itu hari jum’at, kita kaum hawa menunggu kaum adam selesai sholjum. Perjalanan dilanjutkan ke museum Ulen Sentalu. Gatau deh gue apa arti dari Ulen Sentalu itu. Bahasanya terlalu panjang dan gue ngga ngerti. Ulen Sentalu adanya di daerah Kaliurang. Tempatnya? Hmmmm lumayan mistis. Disitu kita muterin tempat yang bentuknya kaya labirin. Tour guide nya selalu bilang ‘ayoo jangan sampe ada yang ketinggalan ya, soalnya kalo ada yang ketinggalan, pasti ngga tau jalan pulangnya’ sakit kaann kalo sampe ditinggalin-_- ada bagian yang seru nih! Yang seru tuh pas kita disuguhin minuman yang katanya bisa bikin kita awet muda! Waaaah hahahaha lumayan kan kalo balik-balik muka gue beraura muda *eyaaakkk* minumannya itu semacam air jahe yang dipadupadankan dengan daun pandan. Apa yang bikin awet muda dari minuman itu yaaa?-___- yaah kepercayaan mungkin yang bikin awet muda. Ini diaaaaa waktu yang paling ditunggu-tunggu sama gue dan teman-teman sekalian! MALIOBOROOOOOO! Darah gue memuncak seketika pas kita udah nyamoe di malioboro. Pengen ngerasain euphoria belanja bareng temen-temen di Malioboro. Tapi sayangnya waktu diberikan sangatlah singkat! Sedangkan yang kita mau adalah waktu yang panjang untuk berjalan-jalan di Malioboro! Baiknya adik sepupu ku yang satu itu. Rela datang mencari gue ke jogja bersama sang pacar demi mengantar bakpia pesenan mamake. Alhamdulillah yah, jadinya gausah rempong nyari bakpia lagi hahahaha. Selesai belanja, kita balik ke bis masing-masing. Belom puas banget rasanya. Apalagi gue ngga sempet makan angkringan gara-gara waktunya terlalu singkat. Gue Cuma bisa menikmati sate seharga gocengdi malioboro. Malam ini, kita nginep di Hotel BRONGTO yang konon dulunya adalah bekas Keraton Jogjakarta. Masuk ke kawasan hotel ini, aura nya udah beda banget menurut gue. Gue dapet kamar nomer 119. Untung ada Hayuning yang mau nemenin nyari kamar, kalo enggak bisa pipis dicelana kali gue nyari kamar sendirian. Makasih ya eniiiinggg{} haaf-t setelah sekian lama beraktivitas kahirnya dapet juga kasur empuk untuk bersandaaar. Selesai bersih-bersih kita nonton tivi bersama. Cuma ada gue, pingkan, hayuning dan juga octa malam ini dikamar. Gatau deh si Ayas dan Lara situ kabur kemana. Lagi asik nonton, tiba-tiba suara telepon bordering. Diangkatlah telepon itu oleh hayuning. Tiba-tiba terdengar suara dari ujung sana…..’halo selamat malam, dengan kamar 119? Saya dari reseprionist. Tadi  ada yang memesan nasi goreng’ hayuning bingung seketika. Waktu dia mau ngejawab lagi, ternyata ada suara orang ketawa dari seberang. Fix bangett dikerjain sama anak cowok inimah! Malem init uh malam yang abstrak. Terlalu banyak telepon yang masuk dengan modus yang sama… oohh Tuhan, ada apa dengan anak-anak itu? Gamau kalah, kita juga ikutan ngerjain kamar lain dengan iseng neleponin mereka. Bukannya tidur, ujung-ujungnya kita malah nunggu telepon ngga jelas. Sampe akhirnya ada telepon masuk dengan modus nasi goring… gue yang angkat teleponnya waktu itu. Bawaannya udah kesel, akhirnya gue marahin aja tuh orang yang nelepon gue karena gue kira itu Roland Kurnia dkk. Gataunyaaaaa itu Teyong. Dengan nada menyedihkan teyong bilang ‘yaaaah maapdeh kan niatnya cuman mau ngerjain… maap yaa. Ini teyong’ jleb! Gue salah orang!! Kasihan sekali teyong gue marahin di telepon wkwkwk maafin ya yong:p sambil nikmatin film ‘the virgin’ yang lagi diputer di ANTV malam itu, kita intropeksi diri masing-masing. ‘untung gue nggak kayak si biyan di film itu. Harus ngelepas keperawanan demi gantiin mobil’ memang benar, mala mini malan yang sangat ABSTRAK. Lihat aja kelakuan dan pikiran kita ikutan abstrak. Capek nonton, akhirnya kita tarik selimut, dan memejamkan mata……… selamat malam jogja.

Chapter 4
Jogjakarta, 11 Januari 2012
Tidur tadi malem adalah tidur ternyenyak selama beberapa hari belakangan ini. Gue baru tersadar : kenapa nggak dari kemarin-kemarin aja kita ada di tempat nyaman ini? Tempat ini betul-betul bikin tidur gue nyenyak sampe ngiler…. Pagi ini kita harus packing karena hari ini juga kita otewe Jakarta. Selesai mandi dan segala macamnya, kita akhirnya harus pergi meninggalkan kamar bernomor 119 ini. Perut kosong ini udah ngamuk minta diisi. Dan makanan pun telah tersedia di prasmanan. Gue piliih menu makan make nasi kebuli. Entah mengapa makan pagi hari ini begitu terasa menyangkan di perut dan nikmat dilidah. Seperti biasaaa, idup gue nggak jauh-jauh dari si sunshine *nama disamarkan ya guys* selama di jogja. Ini merupakan anugerah yang menguntungkan buat gue hahahaha. Lagi asik makan, tiba-tiba doi dating. Seperti biasaaa anak-anak kepo selalu heboh menyambut kedatangan doi. Semua ini berawal dari si ketua suku (baca : pingkan) dia lah yang selalu menyulut api membuat darah gue mengalir cepat dan jantung cekot-cekot.  Yang mereka lakukan adalah : mereka berdiri serentak sambil berkata “MORNING SUNSHINEE, MAKAN YANG BANYAK YAA’ saat si target berjalan melewati meja kita si anak-anak kepo. Rasanya tuh waktu berenti, darah gue memanas dan jantung gue cenat cenut, bukan cekot-cekot lagi. Gilak! Mereka memang gilak!! Entah harus setebel apalagi gue punya muka. Gue rasa ini udah paling tebel diantara yang tebel…… seperti biasa, doi keep selow and stay cool. Ini dia yang menarik. Stay cool nya itu loh minta di garuk make cinta! Wakakak nggadeng *ini Cuma kiasan lohya, nanti kalo orangnya baca berabe gue* perjalanan kita untuk pertama kalinya adalah Keraton Jogjakarta. Nggak semua bagian Keraton kita kelilingin, karena Keraton nya itu luasnya banget gamake ajyaahh. Si bapak abdi dalem yang jadi tour guide kita cerita kalo dulu Raja-raja nya itu bunya banyak istri. Ada yang sampe punya 24 istri! Banyangin 24 istri!!! Dan ada yang punya anak sampe 72 guys! Gile gak nohhh? Dahsyat emang raja-raja jaman dulu. Si bapak bilang ‘wanita jaman dulu itu penyabar karena mereka mau dimadu.’wanita jaman sekarang juga sebenernya ngga kalah sabar sama wanita jaman dulu. Gue akui disini, Jogja memang menyimpan banyak cerita, banyak pelajaran, banyak kesenian yang nggak bisa diitung make jari. Balik dari keraton, kita menujur resto untuk makan siang. Selesai makan siang, kita berenti di pusat oleh-oleh bakpia 75.kasian yang pada beli, antreannya panjang banget ternyata. Habis dari bakpia75, kita langsung caw jegardaaaahhh. Gue merasa kulit gue makin keeling alias hitam selama di jogja. Karena ternyata jogja itu panasnya mirip-mirip Jakarta.  Diperjalanan gue Cuma bisa duduk di kursi sebelahan sama pingkan sambil denger music atau ngga tidur. Hari menjelang sore, bis udah deket sama lokasi rumah makan. Ini adalah moment terakhir kita makan bersama satu angkatan dan melihat si sunshine menyantap menu makannya dengan lahap. Asli, bakal kangen sama suasana ini! Nyampe rumah makan, yang gue cari adalah colokan. Gue butuh colokan buat nelfon mamake sama bapake. Aduhhh bener-bener deh setiap saat makan di hari ini tuh rasanya nikmat bangetttt. Mungkin karena ini adalah saat terakhir kita bersama……. Bis kita ternyata bis pertama yang nyampe dirumah makan ini. Dewaaaaaaa berasa restoran milik bis 4 malam ini hahahaha. Naaahh, ini dia nih yang bikin gue jedak-jeduk. Saat-saat dimana si sunshine memasuki restoran. Pasti anak-anak kepo ini bakalan heboh menyambut kedatangan doi. Kaya biasalah, mereka berkata ‘biiiiip *nama di sensor* makan yang banyak yaa, biar ngga sakit’ lo tau gimana rasanya jadi gue? malu tak tertahankan. Gue Cuma bisa nunduk meratapi nasip gue yang di bully sama anak-anak kepo. Kerjaan gue di bis kalo ngga tidur, ngemil, denger music ataugak bengong menghadap jendela kaca… pada malam itu, tiba-tiba si Andri dating ke tempat duduk gue dan pingkan sambil berkata’awas, geseran dong. Gue butuh tempat yang nyaman dan dingin buat tidur’ gilaa nih orang dating-dateng nyolot ajaa kelakuannya. Nengok sebelah kiri, ada pasangan yang sedang bercumbu bertepatan dengan malam minggu. Gue terpaku dan berfikir ‘enak ya yang punya pasangan, ada yang nemenin…….’ Tapi tiba-tiba kaya ada suara malaikat dari dalem hati gue yang bilang kalau semua akan baik-baik saja walaupun gue ngga punya pasangan. Mungkin sekarang saatnya gue menyaksikan mereka memadu kasih dengan indahnya, tapi bisa jadi dimasa depan saat gue menemukan jodoh gue yang sebenernya, mereka lah yang akan menyaksikan betapa serasi nya gue dan jodoh gue ketika memadu kasihh *duhileeeee nge fly deh nih* terlalu banyak kejadian yang terjadi pada malam itu, tapi gue males nyeritain nya takut kepanjangan, nanti lo semua bosen lagi baca blog gue. Yang jelas perjalanan masih panjang, dan lama. Hingga akhirnya gue ketiduran dan pukul setengah tiga pagi, kita sudah berada di daerah Tol Cikampek…….
Terimakasih untuk 42’13 XXIX atas perjalanannya yang begitu menarik dan mengesankan. Terimakasih buat anak-anak kepo yang udah mengisi hidup gue dan cerita di blog gue ini. Terimakasih untuk kak memey yang udah jadi mentor di bis 4. Makasih untuk hayuning yang udah bawa kamera untuk mengabadikan setiap kejadian. Makasih juga buat ‘sunshine’ yang udah jadi sumber inspirasi gue buat nulis di blog gue. Maaf kalo ngerasa terganggu karena sering dicengin sama anak-anak kepo. Terimakasih untuk Allah SWT yang udah memulangkan kami dengan selamat sampai dirumah masing-masing. <3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar